Jumat, 06 Desember 2013

6 Masalah Umum Android

1. Internet tidak konek solusi: cek pengaturan APN.

Settings-Wireless & Network-Mobile Networks- Access Point Names.
Apakah ada APN-nya? Beberapa operator ada yg setting otomatis, tetapi ada juga yg tidak otomatis setting sehingga harus manual.
Cara laen menggunakan Asisten APN (aplikasi buatan dalam negeri) yg dapat didownload dari market, atau bisa langsung sedot apk-nya disini:



http://sites.google.com/site/androidraysoft/asisten-apn

disini juga ada:

http://www.mediafire.com/?mp6i7kgdrmv15iiAPK

diinstall ke hp,setelah dipindahin lewat explorer, aktfkan mode mass storage nanti hp berfungsi jd kyk flashdisk,copas manual ke folder (terserah saja). lalu instal saja lewat file manager di hp (terserah bisa astro file manager, es file manager, dsb).
Install dan jalankan,sesuaikan dengan operator.
Jika masih tidak konek juga?
coba cek masa aktifnya, pulsanya ada berapa?
sinyalnya lagi ada atau tidak?
Cek jika sistem penanggalan dan area GMT pewaktuannya, habis batere dicabut dan pasang lagi atau habis fresh install ulang (habis flashing ulang,habis flashing rom) jadi kereset ke 1 Jan 1980 misalnya dan GMT-nya malah GMT+00.
Kadang gara2 masalah ini saja bisa jadi ngaruh ke internet error.
Masa aktif masih ada, sistem penanggalan/pewaktuan sudah benar, pengaturan APN sudah benar, pulsa ada dan dalam masa aktif, tetapi tetap saja tidak mau konek.
Berarti memang sedang terjadi gangguan di operatornya, masalah tersebut silahkan telf customer service atau datang ke gerai terdekat!!

2. Ingin install aplikasi tetapi muncul ‘there is a problem parsing package’

Ini biasa jika menginstal aplikasi diluar android market. Sudahkan mengecek di settings-application. Unknown Source dicentang atau tidak? Jika iya tetapi masih juga seperti itu, ada kemungkinan saat mendownload kurang sempurna.
Besar file harusnya sekian kilobyte, tetapi yg terdownload lebih kecil dari yg seharusnya.
Ada berbagai macam kemungkinan :

  • Spec aplikasi tidak cocok dgn HH-nya.misalkan minimal harus froyo eh ternyata di eclair coba pasangnya; aplikasi untuk resolusi sekian eh lalu di resolusi laen dicobain pake; Merk prosesor tidak mendukung, misalkan utk adreno lalu dr tegra cobain ga jalan atau hrsnya utk tegra eh dipakai di snapdragon. 
  • Koneksi internet yg kurang stable: Solusinya, gunakan provider laen atau cari jam2 laen dimana stable.
  • Jika penggunakan wifi,harap ke tempat yg sinyalnya ga naek turunServer di situs download lagi high traffic atau sedang down Solusinya, cari situs/mirror yg laen,download ulang lagi beberapa saat kemudian di jam laen.
  • Beberapa situs download ada yg resumeable tetapi ada juga yg unresumeable. Nah yg unresumeable ini nih yg rada susah, ketika internet putus maka donlod dari mula lagi. file kebentuk tetapi tidak sempurna 100%. Solusinya: cari situs/mirror laen jg di sesuaikan dgn koneksi internet juga, download ulang lagi beberapa saat kemudian di jam laen
  • File yg diupload orang memang asalnya sudah rusak, seharusnya 300kb di versi aplikasi yg sama, eh ternyata dia upload hanya 290kb. Solusi: cari sumber situs laen yg bener. 

3. WIFI Problem: ga konek internet atau wifi memang ga konek.

Pertanyaannya adalah apakah laptop atau perangkat laen bisa konek internet? Wifi tersebut adalah bisa digunakan bebas kah?
Karena qlo kita pergi2 ke suatu gedung/mall di sembarang tempat, ga semua wifi yg ada diperuntukan untuk internetan.

Jika ada bilang “sehari2 saya konek wifi ke situ lancar kok”.
Nah ini wifi di lingkungan mana sih? apakah lingkungan kampus atau coorporate kah? Jika iya benar di lingkungan kampus/coorporate, setau saya ada proteksinya juga dan pasti ada pengaturan khusus di wifi routernya.

Device yg dapat konek ke wifi juga ada dibatasin, nembak mac address.
Apakah Mac Address Anda didaftarkan atau tidak? jika tidak maka tidak diperkenankan untuk mengakses jaringan wifi.

Sinyal Wifi-nya naek turun atau kondisi router yg kurang sehat jg menyebabkan gagal konek ke wifi.
Device yg boleh konek ke wifi sebenarnya juga ada dibatasin jumlahnya berapa perangkat,jika sudah mencapai batas maka akan ditolak konek ke wifi.
Traffic yg sangat padat di jaringan wifi berpengaruh juga. Kemungkinan bisa putus2 jaringannya.
Router Wifi itu kan konek ke gateway internet, jika wifi memang konek tetapi tidak bisa internetan, berarti memang koneksi ke gateway internetnya putus. Jadi ya konek wifi saja tetapi internet putus.

Ada kasus, wifi bener2 konek,browsing2 pake web browser bisa tetapi ada aplikasi tertentu tidak jalan internetnya, beberapa situs ada yg terbuka ada juga yg tidak, bahkan market tidak bisa.
Ini disebabkan karena gateway internet dari wifi-nya memblock akses ke port tertentu dengan alasan kebijaksanaan agar resource internet tidak dipakai sembarangan.
Misalkan di lingkungan coorporate, ada dibatesin pemakaian internetnya agar si karyawan tidak bisa seenaknya sering2 buka social network (fb,twitter,dsb) krn akan menurunkan performa kerjanya, ada dibatesin agar tidak bisa download2 sembarangan yg bikin jaringan berat.

Resume dari problem wifi:
  • Kesehatan router wifiTraffic di router wifiBatas device yg konek ke wifi melampaui batas
  • Koneksi Internet yg menghubungkan antara wifi ke gateway internetnya
  • Masalah kebijaksanaan si administrator jaringan: MAC Address yg boleh akses yg terdaftar saja; beberapa situs atau port bisa saja ditutup agar tidak bisa diakses Solusi mentok dan akhir di masalah wifi: harap hubungi administrator jaringannya yg mengatur konfigurasi router tsb 

4. Application Not Installed Refer to Number 2

Yaitu paket yg rusak baik dari awal orang upload maupun pada saat proses download.
Tambahan jika ada aplikasi yg sama tetapi beda signaturenya, ini dimungkinkan karena:
  • Orang yg bikin aplikasi di market, sebelum upload disigned dengan kunci A. Jika dia mengupdate aplikasi harusnya disigned dengan kunci A juga, jika kuncinya beda maka orang yg akan coba download dan timpa akan gagal install. Solusi: uninstall aplikasi terdahulu, kemudian download ulang lalu installAplikasi yg dari bayar dicrack orang, jika ada ubah2 sesuatu konten di dalam maka aplikasi harus disigned agar bisa diinstall atau ada orang sudah download aplikasi dgn bayar,mungkin akan berbeda kunci untuk signed aplikasi untuk tiap orang yg berbeda.
  • Orang 1 hosting di server A, orang ke-2 hosting file di server B,apk yg sama namun dapat berbeda kunci di signed-nya. Pernah kejadian seperti friendcaster pro 4.1.1,lalu ada update friendcaster 4.1.2, ketika update terjadi error “Application Not Installed”, solusinya ya tetap sama yaitu uninstall versi sebelum dan install versi yg baru. 

5. Download di market muncul error galat 500 atau tidak maju2 saat download di market.

  • Clear cache/data d market, msk settings-manage apps-cari market atau play store, nah ada clear cache dan clear data coba diclear
  • No.1 msh ga bisa jg, coba msk ke settings-mobile network-access points or APN settings. jika nemu proxy dan port,kosongkan. beberapa operator ada yg setting otomatis pake APN, ada yg pake port.
  • No.2 masih ga bisa? Cek point 1 ttg internet ga konek, msh ga bisa jg? brarti jaringan di operator yg bermasalah,balik lagi prinsip P.M.P dimana solusi: ganti operator laen, panjat tower (agar kenceng sinyalnya), pindah ke Korea/Jepang (dimana negara dgn bandwidth internet terkenceng).

6. Mengatasi masalah tidak dapat install aplikasi di sdcard

Sistem operasi Android memang memiliki banyak kelebihan, namun tak ada gading yang tak retak, sistem operasi ini juga memiliki kekurangan. Salah satu bug atau kekurangan yang muncul, khususnya pada Android versi 2.2 (Froyo) adalah pengguna tiba-tiba tidak dapat menginstall aplikasi di SD card atau tidak dapat update aplikasi Android yang terinstall di SD card, padahal sebelumnya tidak ada masalah. Hal ini ditandai dengan muncul tulisan couldnt install on usb storage or sd card.
Nah pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan beberapa tips maupun tutorialnya untuk mengatasi problem tersebut. Namun sebelum saya menginformasikan cara mengatasi couldnt install on usb storage or sdcard saya akan menginformasikan beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebabnya.

  1. Kemungkinan pertama adalah karena sisa memory yang tersedia di SD card tidak cukup banyak atau lebih kecil dari yang dibutuhkan oleh Aplikasi Android. Hal ini menyebabkan setelah proses download aplikasi selesai dan sistem mencoba melakukan instalasi menjadi tidak bisa atau gagal karena tidak cukup ruang. 
  2. Kemungkinan kedua adalah pada saat proses download aplikasi Android, terjadi gangguan koneksi internet yang menyebabkan file data aplikasi Android tidak terdownload dengan sempurna. 
  3. Kemungkinan ketiga adalah SD card Anda corrupt atau bermasalah. 
Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gagal instalasi ke SD card atau gagal update aplikasi Android.



  • Hapus beberapa file yang tidak penting di SD card untuk membebaskan memorinya, lalu coba unduh (download) ulang aplikasi yang ingin diinstall dan lihat apakah dapat terinstall dengan sempurna. Bila tetap tidak bisa, silahkan dicoba cara berikutnya. 
  • Lepaskan SD card, lalu install atau update aplikasi yang diinginkan (aplikasi Android secara otomatis akan terinstall di memori telepon / internal storage). Setelah aplikasi terinstall dengan sempurna, pasang kembali SD Card lalu pindahkan aplikasi tersebut ke SD Card 
  • Bila kedua cara diatas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk memformat ulang SD card. Namun ingat untuk mem-back up data-data yang penting terlebih dahulu, dan juga apabila ada aplikasi atau game Android yang terinstall di SD card akan terhapus saat proses format. 
  • Bila semua cara diatas tidak berhasil, maka anda harus menghapus filesmdl2tmp1.asec. File ini adalah file temporary (sementara) yang tercipta pada saat proses instalasi. File ini terletak pada folder /sdcard/.android_secure. Untuk menghapus file ini Anda memerlukan file manager, contohnya Astro file manager atau File Expert. Bila Anda menggunakan ASTRO, Anda harus mengaturnya agar dapat melihat  Hidden Files(file yang tersembunyi). Caranya:
    • Masuk ke aplikasi Astro
    • Tekan tombol MENU
    • Pilih MORE
    • Pilih Preferences
    • Pilih Look and Feel
    • Centang atau beri tanda check list pada tulisan Show Hidden Files
    • Masuk ke aplikasi File Expert
    • Tekan tombol MENU
    • Pilih MORE
    • Pilih Settings
    • Pilih File Explorer Settings
    • Centang atau beri tanda check list pada tulisan Hidden Dir
    Bila Anda menggunakan File Expert, berikut adalah cara untuk memunculkan hidden files:
    1. Bila sudah menggunakan Astro file manager atau File Expert namun tidak menemukan file smdl2tmp1.asec pada folder /sdcard/.android_secure, maka Anda perlu menggunakan bantuan komputer untuk mencari file ini. Caranya:
      • Hubungkan handphone ke komputer atau Anda dapat juga menggunakan SD Card reader 
      • Buka folder SD card 
      • Melalui layar komputer, cari dan hapus file smdl2tmp1.asec yang terletak pada folder .android_secure di dalam SD card.
      Bila Anda sudah sukses menghapus file smdl2tmp1.asec yang terletak pada folder /sdcard/.android_secure, namun masih dijumpai kendala yang sama, maka Anda harus menghapus file smdl2tmp1.asec yang terletak pada folder/mnt/secure/asec/. Namun, untuk mengakses folder ini Anda harus memiliki akses root dan untuk mengaksesnya perlu menggunakan root explorer seperti File Expert.
    2. Bila cara kelima juga tidak berhasil, atau mungkin Anda mentok karena tidak memiliki atau tidak menginginkan akses root, maka cara terakhir adalah bawa ke service center. Karena ini kemungkinan besar bukan masalah hardware, jadi seharusnya pihak service center bisa mengatasinya dan handphone tidak perlu sampai menginap. 
    Demikianlah tutorial mengatasi gagal instalasi ke SD card atau gagal update aplikasi Android yang pada akhirnya memunculkan notifikasi couldnt install on usb storage or sd card.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar